App dan Website Wajib untuk Muslim Traveler di Jepang!


Hay teman blog semua! Kali ini Nisa mau bahas tentang aplikasi yang Nisa gunakan saat di Jepang selain App juga ada beberapa website yang kalian butuhkan sebagai muslim saat traveling ke Jepang!


1. Muslim Pro
Kenapa muslim pro ada di list nomor 1? Tentu saja karena Muslim Pro dapat memberitahukan para traveler waktu sholat setempat sesuai waktu bagian negara yang kalian kunjungi. Ini foto penampakan aplikasi di android. 



Selain memberitahukan waktu sholat, Muslim Pro menjadi aplikasi wajib karena memberitahukan arah kiblat! Jadi ingat masa belum mengenal aplikasi ini dan sholat di hostel di Singapur ribet karena nggak tahu arah kiblat yang bener. Harus tanya dan tebak menbak arah angin sambil mengeluarkan kompas. Aplikasi ini praktis tentunya harus ada koneksi teman-teman!


Screenshot arah kiblat

Muslim Pro nggak cuma punya kelebihan diatas, selain itu di menu-menu yang disuguhkan didalam aplikasi ini ada layanan untuk mencari restoran halal terdekat dan masjid. Nggak kalah lagi ada Alquran dan surat-surat pendek. Selalu mengingatkan untuk tidak melupakan untu berdoa meski disaat travel di tempat yang jauh.

Screenshot menu didalam aplikasi 


Teman-teman bisa kunjungi websitenya disini atau download aplikasinya disini 

2. Halal Gourmet Japan



Aplikasi ini  sanga-sangat membantu untuk memilih tempat makan halal di Jepang. Tapi setelah menggunakannya akan lebih baik jika dipadukan dengan follow akun Halal Gourmet Japan di Instagram.

Kenapa?

Karena kita bisa mengetahui hal-hal baru yang mungkin saja kita tidak tahu di aplikasi sudah di update apa tidak infonya. Seperti info tentang snack halal di Jepang. Karena aplikasi lebih berpusat pada tempat makan. Untuk info seperti snack halal akan lebih dilihat dari instagram.

Belajar dari pengalaman karena saat balik dari Indonesia aku baru tahu kalau Halal Gourmet Japan memiliki akun instagram. Dan sedihnya disitu ada info tentang snack halal yang masih belum ada di ulasan detail di web-nya. Hanya foto dan caption informasi bahwa snack semacam roti dan kripik kentang. Padahal pas di Jepang nggak berani jajan apa-apa karena nggak tahu ada dua snack halal yang ada di famili mart dan new days dua kombini yang lumayan tersebar luas di Tokyo dan mudah ditemukan.

Tapi ingat! Yang ditampilkan di aplikasi dan website halal gourmet japan belum tentu bersertifikasi halal! Ada beberapa kriteria yang disajikan seperti 

- restauran ramah muslim (tidak menyediakan alkohol dan daging babi) tapi belum tentu ayam dan sapi yang disediakan disembelih dengan cara Islam

- restauran yang tidak memiliki sertifikat halal tapi sang pemilik adalah muslim 

dan sebagainya. Pilih kriteria sesuai apa yang kamu inginkan. 

Jadi jangan lupa follow akun dan kunjungi websitenya https://www.halalgourmet.jp/

3.  Have Halal, Will Travel

Untuk yang satu ini lebih mudah dan informatif menggunakan website maupun mengikuti akun nya di instagram. Karena aku tidak menggunakan aplikasinya saat di Jepang alasannya rating di playstore rendah dan feedback yang buruk.

Aku sarankan kamu ikuti akun instagramnya karena mereka aktif update dan lebih mudah untuk mengetahui hal terbaru yang mungkin kamu butuhkan.

Info yang diberikan tidak sekedar tempat makan. Tapi juga tempat ibadah dan lain-lainnya.

4. Halal Map

Halal Map bukanlah website maupun aplikasi. Halal Map adalah peta daerah berupa pdf yang dapat di download dari webite halalmediajapan.

Peta ini berisi peta tempat objek wisata dan titik penting terdekat seperti masjid,  restoran halal,  jajan halal dan lainnya. Sangat cocok ketika merencanakan makan siang saat berada di tempat tujuan wisata.

Peta ini sangat penting karena memudahkan menyusun jadwal perjalanan. Hanya saja peta yang tersedia terbatas hanya kota-kota besar yang menjadi tujuan wisata. Teman-teman bisa download petanya dia bawah ini. 


- Tokyo  (asakusa,ueno,yakana)
- Chiba 1 2
- Sano

 Nah itu semua adalah aplikasi dan website yang akan berguna untuk teman-teman muslim ketika melakukan perjalan di Jepang! Selamat mencoba! 

Comments